• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • Pusat IT
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Webmail
  • Language switcher
Universitas Gadjah Mada Satuan Penjaminan Mutu dan Reputasi Universitas
Universitas Gadjah Mada
  • Beranda
  • TENTANG SPMRU
    • Sambutan Kepala SPMRU
    • Visi-Misi
    • Sejarah
    • Struktur Organisasi Satuan Penjaminan Mutu dan Reputasi Universitas
    • Berita
    • Manual Mutu
  • SPMI & AMI
    • Tentang SPMI
    • Tentang AMI
  • INFORMASI PUBLIK
    • AUN Program Studi
      • Status AUN-QA
    • BAN PT
      • Status Akreditasi Program Studi
      • Prosedur Submit Instrumen Suplemen Konversi (ISK) Melalui Sapto
      • Panduan Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi
      • Berkas BAN PT
    • Akreditasi Internasional
      • Status Akreditasi Internasional
    • INFORMASI TERKAIT SERTIFIKAT AIPT UGM
    • INFORMASI LAM
      • PROSES PENGAJUAN AKREDITASI PADA LAM INFOKOM
  • PELATIHAN / STUDI BANDING
    • Info Pelatihan
    • Kunjungan / Studi Banding
  • Beranda
  • PPKP
  • Pengembangan, Pelatihan dan Konsultasi Profesional (PPKP)

Pengembangan, Pelatihan dan Konsultasi Profesional (PPKP)

  • PPKP
  • 29 Oktober 2013, 05.54
  • Oleh:
  • 0

Sistem penjaminan mutu perguruan tinggi (SPM-PT) merupakan sistem yang dibangun dalam rangka mencapai/ melampaui Standar Nasional Pendidikan (SNP, PP 19/ 2005) dan menjamin mutu PT Indonesia secara berkelanjutan. Sesuai SNP, satuan pendidikan baik formal maupun informal wajib melaksanakan penjaminan mutu.

Dalam pelaksanaan SPM-PT, Ditjen DIKTI memberikan otonomi seluas-luasnya kepada perguruan tinggi untuk mengembangkan sistem penjaminan mutu sesuai dengan kondisi, budaya, kemampuan dan visinya. Hal tersebut diharapkan dapat mewujudkan keinginan/ kebutuhan akan kegiatan sistemik penjaminan mutu dari dan untuk perguruan tinggi sendiri (internally driven), dalam rangka mewujudkan peningkatan mutu yang berkelanjutan (continuous quality improvement).

Universitas Gadjah Mada telah merespon secara aktif berbagai perkembangan mengenai isu penjaminan mutu pendidikan tinggi di tingkat global dan regional dengan membentuk Kantor Jaminan Mutu Universitas Gadjah Mada (KJM-UGM) pada tahun 2001.

Selama 10 tahun ini berbagai konsep penjaminan mutu pendidikan tinggi yang acceptable dan applicable telah dikembangkan serta berbagai kegiatan terkait telah dilaksanakan. Dalam rangka berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam Sistem Penjaminan Mutu Internal, KJM telah berbagi dengan sekitar 2000 PT di Indonesia, baik melalui kerjasama dengan Ditjen DIKTI maupun dilaksanakan antar perguruan tinggi. Pada tahun 2012, KJM UGM kembali menyelenggarakan kegiatan pelatihan dan magang.

Berita Terbaru

  • Agenda Sharing Best Practice SPMI (Benchmarking) November 2023
  • Sharing Best Practice SPMI untuk Tujuan Peningkatan Quality Education Dalam Kunjungan Studi Banding IAID Ciamis
  • Implementasi Tujuan Pendidikan Berkualitas Melalui Kunjungan Studi Banding dari UNJANI, Unstrat dan IPDN
  • Meningkatkan Kesempatan Belajar Sepanjang Hayat Melalui Kunjungan Studi Banding Dari Universitas Negeri Malang, IAIN Ponorogo dan Universitas Bosowa
  • Surat Edaran BAN-PT Terkait implementasi Permen 53
Universitas Gadjah Mada

Satuan Penjaminan Mutu dan Reputasi Universitas
Universitas Gadjah Mada
Kantor Pusat UGM lantai 2 sayap selatan, pintu S2-10, Bulaksumur,Yogyakarta 55281 Indonesia
e-mail         : kjm@ugm.ac.id
Phone         : 0274563025
Whatsapp  : 0877-4800-1979

© 2023 SATUAN PENJAMINAN MUTU DAN REPUTASI UNIVERSITAS UGM

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju