subscribe: Posts | Comments

RENCANA PROGRAM KEGIATAN DAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RPKPS)

Comments Off

TQCS 05.01 – Tanggal 19 s/d 30 Agustus 2003 telah diselenggarakan Pelatihan Penyusunan RPKPS yang diikuti oleh 52 peserta dari 18 fakultas. Pelatihan ini diselenggarakan oleh Tim Pekerti UGM dan KJM UGM. Pelatihan tersebut telah menghasilkan 52 contoh RPKPS yang dibuat oleh masing-masing peserta. RPKPS pada hakekatnya merupakan bahan persiapan dosen untuk mengajar sedemikian hingga membangkitkan kemampuan mahasiswa untuk belajar mandiri, dengan menggunakan pilar-pilar utama pembelajaran. Pilar-pilar tersebut adalah:
1. Materi pembelajaran lebih didekatkan dengan persoalan nyata, melatih identifikasi persoalan dan strategi penyelesaian;
2. Integrasi, antar disiplin ilmu yang saling mendukung untuk pemahaman dan implementasi butir 1 di atas;
3. Memiliki perspektif Internasional yang berbasis pemahaman keunggulan nasional yang ada ;
4. Dorongan pemanfaatan optimal teknologi informasi dan komunikasi yang tersedia dan akan tersedia di UGM;
5. Berbagai inovasi yang membuka akses peningkatan kreativitas.

UGM merencanakan setiap dosen dapat membuat RPKPS untuk matakuliah yang diasuh, dilengkapi dengan bahan ajar. Untuk tahap pertama, UGM menyediakan bantuan bagi 250 dosen untuk menyusun RPKPS dan bahan ajar.

Di samping itu, melalui kegiatan PPKB UGM juga diberikan Hibah Pengajaran untuk penyusunan RPKPS (lihat halaman 3). Dengan dibuatnya RPKPS dan bahan ajar maka dosen dan mahasiswa akan dapat menyelenggarakan dan mengikuti proses pembelajaran yang lebih baik.