Hibah Akreditasi Internasional

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam rangka mencapai visi-nya sebagai pelopor perguruan tinggi nasional berkelas dunia yang unggul dan inovatif adalah dengan memberikan fasilitas kepada program studi yang akan mengajukan akreditasi dan sertifikasi internasional. Fasilitas diberikan dengan kegiatan pemberian hibah persiapan akreditasi/sertifikasi internasional program studi melalui Kantor Jaminan Mutu (KJM). Tujuan dari hibah ini adalah mempersiapkan program studi dalam penyusunan dokumen evaluasi diri sesuai dengan format lembaga akreditasi internasional yang dituju serta untuk mendorong upaya program studi mengimplementasikan Outcome-based Education (OBE).

 

Program Studi yang memperoleh hibah tahun 2018 sejumlah…… Program Studi yang mendapatkan hibah di tahun 2018 ini diharapkan dapat mempersiapkan diri untuk mengajukan sertifikasi internasional AUN-QA dan menuju lembaga akreditasi internasional sebagai berikut:

  1. ASIIN bagi program studi dari Fakultas MIPA, Farmasi, Geografi, Kedokteran Hewan, Kehutanan, Pertanian
  2. AHPGS bagi program studi dari Fakultas Kedokteran Gigi dan Psikologi; serta
  3. Lembaga akreditasi internasional handal dan terpercaya yang sesuai bidang keilmuan program studi

 

Program Studi di UGM yang dapat ikut serta program hibah persiapan akreditasi internasional harus memenuhi persyaratan sebagai berikut.

  1. Terakreditasi oleh BAN-PT dengan peringkat “A”.
  2. Belum pernah mengikuti program hibah persiapan sertifikasi/akreditasi internasional sebelumnya.
  3. Melaksanakan dan mengikuti dengan aktif berbagai kegiatan penjaminan mutu internal (SPMI-AMI) sesuai program Universitas.
  4. Mempunyai komitmen untuk mengikuti dan menyelesaikan kegiatan hibah.
  5. Memiliki sistem basis data dan pengelolaan program studi yang sistematik.

 

Kegiatan dari hibah meliputi workshop sosialisasi akreditasi internasional dan penyusunan evaluasi diri, koordinasi persiapan akreditasi internasional, serta pendampingan/review penyusunan dokumen evaluasi diri. Penandatanganan kontrak hibah persiapan akreditasi internasional dilakukan pada pertengahan April 2018 dan target penyelesaian penyusunan dokumen evaluasi diri program studi adalah pada bulan November 2018. Kegiatan hibah 2018 disusun sebagai rangkaian untuk dapat memenuhi persyaratan dan juga timeline pengajuan aplikasi ke lembaga akreditasi/sertifikasi internasional.