Berita AUN

Workshop Persiapan Akreditasi Internasional ASIIN dan AHPGS serta Sertifikasi AUN-QA

Universitas Gadjah Mada (UGM) senantiasa melakukan upaya untuk meningkatan mutu secara berkelanjutan, yaitu selain dengan mengimplementasikan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) juga melakukan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME). Salah satu measurement obyektif untuk menilai kualitas UGM selevel dengan universitas bereputasi di level regional maupun internasional dan juga untuk memastikan program studi menyelenggarakan pendidikan berbasis luaran (outcome-based education) yang memenuhi standar dan kualifikasi internasional adalah melalui akreditasi internasional dan sertifikasi AUN-QA program studi di lingkungan UGM.

Terhitung sampai dengan awal tahun 2018, jumlah program studi yang terkareditasi internasional adalah 17, dan mendapat sertifikasi AUN-QA sebanyak 25. Dalam rangka terus melaksanakan komitmennya memfasilitasi program studi dalam mempersiapkan dan mengajukan sertifikasi AUN-QA dan akreditasi internasional, UGM melalui Kantor Jaminan Mutu (KJM) Bagian Penjaminan Mutu Pendidikan kembali menyelenggarakan berbagai kegiatan pada Triwulan I 2018 adalah:

  1. Workshop Persiapan Sertitifkasi AUN-QA pada tanggal 6 – 7 April 2018 bertempat di UC Hotel UGM yang diikiti oleh Kaprodi dan Tim dari Program Studi Magister Agama dan Lintas Budaya, Magister Biologi, Magister Farmasi Klinik, Magister Ilmu Peternakan, Magister Pengkajian Seni Pertunjukan dan Seni Rupa, serta Magister Teknologi Industri Pertanian sebanyak 30 orang. Saat ini sertifikasi AUN-QA di UGM lebih banyak diikuti oleh program studi pascasarjana/magister. Topik yang disampaikan pada kegiatan tersebut meliputi Perkembangan AUN-QA System, Outcome-based Education and Assessment, Kriteria AUN-QA dan panduan penyusunan AUN–Self-Assessment Report (AUN-SAR).
  2. Workshop Persiapan akreditasi internasional pada tanggal 17 April 2018 bertempat di Wisma MM UGM Yogyakarta yang terdiri dari Program Studi Sarjana Agronomi, Sarjana Farmasi, Sarjana Kehutanan, Sarjana Psikologi, Sarjana Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan, serta Magister Ilmu Komputer. Sebagian besar program studi peserta persiapan akreditasi international telah tersertifikasi AUN-QA. Pada kegiatan ini topik yang disampaikan meliputi program akreditasi internasional UGM, Outcome-based Education, Programme Assessment, ASIIN and AHPGS Accreditation System, serta ASIIN Self-Assessment Report (SAR) Standards.

Kegiatan-kegiatan tersebut juga merupakan salah satu upaya dalam mendukung pencapaian target kontrak kinerja UGM – Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi tahun 2018 untuk indikator jumlah program studi terakreditasi/sertifikasi internasional.