Tentang AUN

LATAR BELAKANG

Pada acara Pertemuan Pemimpin ASEAN (ASEAN Summit) keempat, para pemimpin ASEAN bersepakat bahwa ASEAN harus membantu mempercepat solidaritas dan pengembangan identitas lokal dengan mempertimbangkan cara-cara untuk lebih memperkuat jaringan yang ada dari universitas terkemuka dan lembaga-lembaga pendidikan tinggi di wilayah tersebut. Ide ini kemudian dikembangkan menjadi ASEAN University Network (AUN) yang didirikan pada November 1995 dengan penandatanganan Piagam oleh Menteri yang bertanggung jawab untuk Pendidikan Tinggi dari negara-negara anggota ASEAN, penandatanganan Perjanjian Pembentukan AUN oleh presiden / rektor / wakil rektor dari universitas yang berpartisipasi dan pembentukan Dewan Pengawas AUN.

TUJUAN

Tujuan utama dari AUN adalah untuk memperkuat jaringan kerjasama antar universitas terkemuka di ASEAN yang sudah ada, dengan mempromosikan kerja sama dan solidaritas di kalangan sarjana dan akademisi ASEAN, pengembangan sumber daya manusia akademik dan profesional, dan mempromosikan penyebaran informasi di kalangan sivitas akademika ASEAN. Memang, jaringan telah galvanis quests negara-negara ASEAN individu untuk kolaborasi akademis di bidang prioritas yang ditetapkan secara kolektif yang akan memperdalam pemahaman tentang dinamika ASEAN, dan dengan demikian mempercepat pengembangan identitas regional dan solidaritas.

STRUKTUR AUN

The struktur AUN terdiri dari 3 komponen yang saling terkait : Majelis Wali Amanat, universitas partisipan dalam negara-negara anggota ASEAN, dan Sekretariat AUN .
1. Level kebijakan: Majelis Wali Amanat
Dewan Pengawas AUN terdiri dari satu wakil dari masing-masing negara anggota ASEAN. Sekretaris Jenderal ASEAN, ketua pertemuan pejabat aenior pendidikan, Direktur Sekretariat SEAMEO, Direktur Eksekutif AUN sebagai anggota ex-officio, dan sekretaris jenderal Kantor Komisi Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan, Thailand sebagai anggota ex-officio, dan ketua dewan pembina.
2. Level Pelaksana: Universitas Partisipan
Universitas partisipan akan melaksanakan program dan kegiatan dari AUN. Pada Juli 2010, AUN memiliki 26 universitas anggota dari 10 negara anggota ASEAN.
3. Koordinasi dan pemantauan badan: Sekretariat AUN
Fungsi Sekretariat AUN adalah untuk merencanakan, mengatur, mengkoordinasikan, memonitor dan mengevaluasi program dan kegiatan AUN, untuk mengusulkan dan mengembangkan ide-ide dan inovasi sebagai mekanisme untuk sumber dan menghasilkan dana untuk operasi mandiri dari AUN; dan untuk melakukan penilaian secara berkala dan meninjau apa yang telah dicapai AUN. Thailand menjadi tuan rumah Kantor Sekretariat AUN, yang terletak di Chulalongkorn University, Bangkok, Thailand.

KEGIATAN AUN

The AUN saat ini melakukan lebih dari 20 proyek kolaborasi dalam ASEAN dan dengan mitra dialognya seperti China, Uni Eropa, Jepang, dan Korea. Kegiatan kami dikelompokkan berdasarkan keterlibatan stakeholder meliputi:

Kepemudaan

  • Program pertukaran pelajar AUN: AUN berusaha untuk meningkatkan mobilitas akademik antara universitas dan anggota lain melalui skema pertukaran dan beasiswa.
  • Forum Pendidikan dan lomba pidato pemuda AUN : Fitur utama dari kegiatan tahunan ini adalah sebuah kamp kerja dua minggu yang terdiri dari kedua program akademik dan non – akademik bagi mahasiswa untuk terlibat dalam kegiatan-kegiatan dalam konteks ASEAN.
  • Forum Budaya Pemuda ASEAN: kegiatan tahunan forum ini didedikasikan untuk orang-orang muda yang berbakat dalam tarian, musik dan lagu. Kegiatan ini bertujuan untuk mempertemukan budaya dan tradisi peserta di berbagi negara-negara ASEAN. Selain itu, Forum ini dirancang untuk menyajikan kesempatan unik bagi ASEAN untuk mencerminkan nilai-nilai kita yang terdalam budaya dan tradisi.
  • Program Studi ASEAN: Program ini dirancang sebagai studi interdisipliner pembangunan ASEAN dan sistem pemerintahan daerah dalam tatanan global yang berubah dengan cepat. Saat ini, program inti silabus untuk Program Master di Studi ASEAN telah dikembangkan di mana University of Malaya menjadi tuan rumah International Master di ASEAN Studies Course bekerja sama dengan Anggota Universitas AUN

Anggota Fakultas

  • AUN Distinguished Scholars Program: Tujuannya adalah untuk meningkatkan mobilitas dan memperkuat jaringan ulama ASEAN dengan memberikan kesempatan bagi anggota fakultas untuk mengunjungi AUN Anggota Universitas lainnya dalam rangka pertukaran pengetahuan, keahlian, dan pengalaman.
  • AUN Collaborative Research: Tujuan dari program ini adalah untuk mendorong pertukaran sarjana pakar antar-ASEAN dengan berbagi upaya, keahlian dan teknologi melalui kerja sama penelitian dalam menanggapi kebutuhan lokal.

Eksekutif

  • Pertemuan Dewan Pengawas AUN (AUN-BOT)

Pertemuan AUN-BOT, tingkat kebijakan, bersifat umum yang tersusun dari dua hari diskusi yang luas dan review dari kegiatan AUN, menyetujui dan mendukung kebijakan dan rencana strategis Sekretariat AUN . Anggota Dewan secara teratur bertemu setahun sekali .

  • Konferensi AUN Rektor ‘

Sebuah platform untuk tingkat tinggi AUN Anggota Universitas ( Presiden / Rektor / Wakil kanselir ) untuk belajar dan berbagi pandangan mereka dengan nara sumber di Kawasan ASEAN terhadap tantangan di depan dan isu-isu kepedulian ASEAN .

  • Rapat AUN Rektor ‘

Pertemuan ini diselenggarakan secara tertutup selama 26 perwakilan dari AUN Anggota Universitas saja, dan fokus pada masalah kebijakan intern .

 

Kini, AUN beranggotakan 26 perguruan tinggi se-ASEAN.

No. Negara Nama Perguruan Tinggi Peserta AUN
01. Brunei Darussalam Universiti Brunei Darussalam
02. Kamboja Royal University of Phnom Penh
03. Kamboja Royal University of Law and Economy
04. Indonesia Gadjah Mada University
05. Indonesia University of Indonesia
06. Indonesia Institut Teknologi Bandung
07. Indonesia Universitas Airlangga (baru)
08. Lao PDR National University of Laos
09. Malaysia University of Malaya
10. Malaysia Universiti Sains Malaysia
11. Malaysia Universiti Kebangsaan Malaysia
12. Malaysia Universiti Putra Malaysia (baru)
13. Myanmar Institute of Economics
14. Myanmar University of Yangon
15. Philippines De La Salle University
16. Philippines University of the Philippines
17. Philippines Ateneo de Manila University
18. Singapore National University of Singapore
19. Singapore Nanyang Technological University
20. Singapore Singapore Management University (baru)
21. Thailand Chulalongkorn University
22. Thailand Burapha University
23. Thailand Mahidol University
24. Thailand Chiang Mai University (baru)
25. Vietnam Vietnam National University, Hanoi
26. Vietnam Vietnam National University, Ho Chi Minh